laporan membuat blog heni

Selasa, 06 Januari 2009

Cerpen Cerita Kecilku

OH GURUKU


Kutatap dinding dinding kelasku terbuat dari anyaman bambu yang telah rusak dimakan waktu,disana sini banyak terlihat berlubang-lubang,dengan tekunnya guruku mengajari kami membantu menambal dinding itu dengan kertas koran bekas.Kami masih bisa tersenyum akhirnya rapat juga dinding kelasku itu. Hal itu tidak mengurangi untuk tetap semangat tinggi dalam menuntut ilmu.
Sore hari itu aku senang sekali ,sambil santai tiduran kukutak katik buku gambarku dengan asyiknya aku menggambar,ketika itu ayahku datang dan berbicara ,"suatu hari nanti akan kusekolahkan anak ini dijurusan menggambar di perguruan tinggi".Ehm...pikirku ah tidak mungkin,pikirku sambil tersenyum dalam hati dan aku tetap asik menggambar karena ada tugas sekolah menggambar yang harus kuselesaikan dan ayahku telah membelikan pensil gambar yang baru.
Siang itu disekolahku pelajaran seni,kami asik menggambar,kulukis sebuah pohon besar berlubang dengan tupai yang muncul disela -sela lubang pohon itu...asyik nich pikirku apalagi dengan pensil goresan kubuat tebal karena ayahku membelikan dengan kode 4b dan 6b.Saat itu Guruku berjalan-jalan mengamati karya gambar bebas anak-anak didiknya,nach saat sampai dibelakang kursiku dia menatap gambar lukisanku,sambil dia berkata ,"Masa ini lukisanmu kamu pasti dibuatkan ya,kok amat bagusnya..saya tidak percaya,"Guruku melototi aku sambil membentak keras disautnya kertas gambarku kemudian dibawa kemuka kelas dan dirobeknya karya gambarku,suaraku parau Ibu...saya tidak digambarkan,itu karya gambarku sendiri,jeritku yang tidak dipedulikan oleh guruku,kertas gambar karya lukisanku telah robek dan disobek didepan teman-teman sekelasku,maka kutunduk kepalaku dan mataku berlinang-linang.Emh....Apakah kubenci Guruku?TIdak jawabku...guruku sudah teramat baik cuma pada saat itu dia tidak percaya itu karyaku..Saat itu aku kelas 3 SD.Aku memaafkan Guruku dan tidak menyurutkan aku untuk berprestasi bahkan ketika aku lulus SD aku rangking 3 satu sekolah...pada saat itu 2 siswa yang dapat rangking 3 temanku yang satu sekarang sudah lulus ITB Bandung,sedang aku melanjutkan di IKIP NEGERI YOgyakarta,pada jurusan Seni Rupa.Wow...he..he ternyata cita-cita Bapakku terkabul dan kadang aku geli sendiri jk memikirkan hal itu.
Beberapa tahun lamanya berselang dan aku telah menjadi Guru juga,walaupun masih honorer disebuah SMP Negeri dan sebuah SMA Negeri juga dikampung halamanku,dan aku mengajar Pendidikan Seni pada SMA,dan Kertangkes untuk SMPnya.Saat itu bulan Agustus banyak perayaan biasanya di daerahku,salah satunya lomba untuk anak-anak sekolah diantaranya lomba melukis putra dan putri,lomba membuat patung putra dan putri dan lomba membuat karya Kerajinan Tangan bebas .Dari 6 lomba tersesebut siswa didikku mendapat juara satu semua,saat keluar dari gedung Sekolah yang untuk lomba ,tidak disangka aku jumpa Guru SDku yang dulu,dia tersenyum indah dan manis banget padaku sapanya," Mbak Heni sekarang kerja dimana?" dan kujelaskan semua padanya bahwa saya sekarang jagi guru dan mengantar anak-anak sebagai guru pendamping untuk mengikuti lomba kesenian,Guruku tersenyum riang saat tahu juga hasil siswaku bagus dan mendapat rangking satu..dia bilang"oh..makanya dulu ketika masih kecil karya-karyamu sangat bagus. Ku jabat tangan guruku sambil sentum menggembang..dalam hatiku terdalam tidak ada benci dengan guruku ,hanya bagaimana kita pintar mengubah dan mengalahkan kebencian itu dengan cinta dan memicu untuk lebih berprestasi dan maju...he...he.
Karena banyak berkat ALLAH ,sekarang Heni dulu yang kecil juga telah menjadi sosok guru.Semangat Maju pikirku ayo kita berprestasi dan meraih cita-cita tinggi...dan tentu dengan tulus dan kebaikan hati bagaimana menggubah ulat yang menyeramkan dengan menjadi kupu-kupu yang cantik ,indah dan lucu.

Beberap

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda