laporan membuat blog heni

Jumat, 29 Mei 2009

HANTU PENUNGGU SEORANG PUTRI

Hari menjelang sore saat kubawa setumpuk berkas sertifikasi guru ke ruang pengawas untuk dikoreksi dan ditandatangani dikantor Diknas Amuntai.Aku diwawancarai dan cerita ramai, salah seorang Bapak pengawas menanyaiku ,"bagaimana pengalamanmu diKalimantan apa pernah melihat hantu di sekolah?"ya... waktu itu saya masih tinggal di bengkel sekolah.Saya hanya melihat kilas-kilas bayangan hitam tinggi terbang dilangit-langit gedung bengkel saat itu habis magrib dan saya sendiri saat teman-teman berangkat sholat di masjid.Salah seorang Bapak Pengawas bertanya apa aku merasa takut?tidak juga biasa aja karena sudah kenal hantunya asal tidak mengganggu,tetapi saat malam hari jika tidur lebih dari jam 11 malam belum bisa terpejam mata maka terdengar suara -suara aneh ada pintu berderik,bunyi ember dipukul dan kadang -kadang terdengar suara cewek menangis yang menyayat hati sangat memilukan.Salah seorang temanku pernah punggungnya seperti dicap mirip stempel dan dibawa keorang pintar oleh T.U.dan seorang teman Guru saat akan mandi melihat seseorang priadi balik jendela ,saat ditengok sudah menghilang bayangannya Ketika musim buah langsat tiba yang buahnya seperti duku ,saya sempatkan membeli dipasar buah di tepi sungai Balangan dengan naik sepeda onthel dan jalan-jalan kepasar Kemis.Pada hari Rabu malam ada sebuah pasar wadai yang menjual khusus makanan kecil ciri khas kota Amuntai,ada keripik singkong,keripik pisang ,kue cincin,tape singkong,tape ketan berwarna hijau yang dibuat dari ketan dengan warna hijau daun suji,lemang yaitu ketan yang dimasak dalam bambu,dimakan dengan sambal sate dan lain-lainnya,ternyata ketan dan minuman kopi adalah makanan kesukaan hantu...hi...hi...tapi enak lho...hantu aja suka apalagi kita... ku lanjutkan perjalanan menyususri malam di kota Amuntai saat bulan Purnama bersinar penuh hantu kembali bergentayangan,kulihat rebulan yang sangat indah dan mataku melihat keatas sebuah bulatan dan kilatan sinar dari atas berlari seakan takut melihatku datang dan kilatan bola api itu berada diatas depan ruang bengkel sekolah di pada atas rerimbunan daun-daun dan kegelapan malam mencekam.Apa yang kurasa aku asyik saja dan kunikmati malam yang indah dengan rembulan yang sangat indah bersinar apalagi di tanganku ada buah langsat yang sangat manis yang siap kumakan,setelah sampai di rumah kos bengkel di sekolah aku sempat keluar lagi kalau -kalau aku melihat kilatan bola yang kukira meteor itu lagi tapi aku berpikir jika meteor kok dari bawa dan bukan dari atas langit yang tinggi ini cuma diatas atap rumah dan gerakannya datar dan sangat cepat menghindar.Kuceritakan keesokan hari pengalamanku itu di ruang T.U kantor dan teman-teman baru bilang jika itu adalah hantu kunyang dan mulai saat itu di selamati dengan doa sekolahanku dan dibuatkan makanan bubur merah dan putih,dimakan bersama-sama .Ada juga cerita hantu ketika suatu hari aku diminta seorang Bapak Kepala Sekolah ,yang rumahnya depan kosku sekarang untuk menemani putrinya yang tinggal dirumah sendiri karena ditinggal ke banjarbaru oleh orang tuanya beberapa hari.Hari itu tengah malam hampir jam 12 malam saat aku lagi asyik menonton tv aku melihat sesosok bayangan wanita dengan baju putih panjang sampai kebawah dengan lengan panjang,rambut putih lurus seperti rebonding sampai hampir setengah kaki menjuntai kebawah dan berdiri tepat di sebelah ujung tempat tidur Lia anak Bapak Kepala sekolah tetanggaku,ketika itu Lia sudah tertidur pulas dan aku melihat hantu itu sebenarnya aku merinding dan rasa takutku kutekan karena aku diberi tanggung jawab untuk menjaga anak tetanggaku dan cepat-cepat kumatikan tv,pada saat itu acara 4 mata oleh Tukul Arwana dan aku berdoa dan aku sangat cuek dilihati hantu ,tetapi juga simpati dan berbelas kasihan melihat hantu ini ,aku berpikir mungkin tidak ada yang peduli dan kurang peduli untuk mendoakan agar jiwa-jiwa ini selamat di akhirat ,kupikirkan dalam hati dan kusertakan dalam doa agar jiwa-jiwa yang mohon di doakan ini selamat dan aku tetap tidur disamping Lia dengan pulas,dan aku berusaha tenang dan kuhilangkan rasa takutku karena ALLAH selalu beserta dan menjagaku,aku mengingat firman TUHAN dimana roh yang ada dan diberikan pada anak-anak ALLAH lebih besar dari pada roh yang ada di dunia ,dan TUHAN telah menang dari maut dan dosa.Jangan menjadi takut pada hantu-hantu ini yang berseru mohon tolong dan mohon untuk di doakan jiwanya agar bisa selamat di akhirat jadikan dirimu jalan berkat pada sesama dan TUHAN bersamamu.Lewat doa-doa untuk para jiwa yang di alam barzah yang mohon pertolongan ,mungkin disana mereka berseru dan menangis minta diperhatikan dan di doakan tetapi kita lupa karena sibuk dan lain-lainnya.Masa kemurahan masih tersedia dan kita sebagai anak-anak terang agar bisa bersinar indah dan menjadi teladan dalam kebaikan dan biarkan tangan kasih TUHAN menuntun dalam setiap hidup kita dan kita bisa menjadi penolong sesama andai kita berjumpa betapa mereka merasa berterimakasih karena telah terbebas dan kita telah banyak berdoa dan terus berdoa.Biarkan TUHAN membentuk hidup kita agar kita bermanfaat dan menjadi serupa citraNYA.Jangan takut dan TUHAN bersama dan menjagamu.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda